Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU TEBO AWASI VERIFIKASI FAKTUAL KEANGGOTAAN 9 PARPOL HINGGA MALAM HARI, BAWASLU TEBO KERAHKAN SELURUH JAJARAN

Tebo, Bawaslu Kabupaten Tebo – Bawaslu Kabupaten Tebo melakukan pengawasan tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tebo. Sesuai dengan jadwal verifikasi ini sudah berlangsung mulai tanggal 18 Oktober 2022.

Verifikasi Faktual ini dilakukan pada 9 Parpol di Kabupaten Tebo, Sembilan partai yang dimaksud yaitu Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (PERINDO), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA), Partai UMMAT, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garda Perubahan Indonesia (GARUDA) dan Partai BURUH.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tebo Paridatul Husni, SP selaku Ketua Tim Teknis Verifikasi Faktual menyampaikan, selama proses verifikasi faktual keanggotaan parpol ini berlangsung, pihaknya berupaya untuk melakukan pengawasan secara maksimal, yakni memastikan proses verifikasi berjalan dengan benar dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Mari kita awasi verifikasi faktual yang dilakukan KPU ini dengan maksimal sesuai kententuan dan prosedur yang ada. Catat dan segera koordinasikan jika ada hal-hal yang tidak sesuai selama menjalankan pengawasan,” ucap Parida.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tim pengawas yang diturunkan Bawaslu Tebo dalam proses verifikasi faktual ini sesuai jumlah tim verifikasi yang diturunkan KPU Tebo. Sekurang-kurangnya ada Lima tim yang diturunkan untuk mengawasi secara langsung, termasuk para pimpinan Bawaslu Kabupaten Tebo sebagai Koordinator Tim. Berdasarkan informasi di lapangan, Tim Bawaslu melakukan pengawasan hingga malam hari, terutama di desa-desa yang letaknya jauh dari pusat kota, seperti di Desa Sungai Karang, Desa Bangun Seranten dll.

Tag
Tak Berkategori